Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terminologi dan Etimologi Cinta

Gambar Ilustrasi
Penggunaan kata Cinta dalam kehidupan sehari-hari juga tidak lepas dari pengaruhi perkembangan jaman. Perkataan Cinta senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin akan berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Ungkapan cinta atau kata Cinta mungkin digunakan untuk meluapkan atau mengexpresikan perasaan sebagai berikut:
  1.  Perasaan terhadap keluarga kita ;
  2.  Perasaan terhadap teman-teman kita;
  3.  Perasaan romantis atau juga disebut asmara;
  4.  Perasaan yang muncul karena kemauan, keinginan hawa nafsu, atau cinta eros ;
  5.  Perasaan terhadap sesama atau juga disebut kasih sayang;
  6.  Perasaan terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme;
  7.  Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu;
  8.  Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme;
  9.  Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme;
Secara Terminologi istilah Cinta di kalangan masyarakat Indonesia banyak dipengaruhi oleh perkataan love yang berasal dari bahasa Inggris. Kata Love sendiri digunakan dalam semua amalan dan arti untuk Cinta, teman-teman, keluarga atau sahabat serta keluarga, Cinta Kasih atau Kasih Sayang dan terhadap diri sendiri. Akan tetapi perlu diketahui bahwa perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih banyak ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut:
  1. Kata Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu;
  2. Kata Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga;
  3. Kata Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan;
  4. Kata Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme;
Secara Etimologi atau atau secara Bahasa, beberapa bahasa, termasuk juga dengan bahasa Indonesia atau bahasa Melayu apabila dibandingkan dengan beberapa bahasa mutakhir dari Eropa, terlihat lebih banyak kosa katanya dalam mengungkapkan konsep ini. Termasuk juga dengan bahasa Yunani kuno, yang membedakan antara tiga atau lebih konsep: eros, philia, dan agape.

Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada setidaknya 5 syarat untuk mewujudkan Cinta kasih, yaitu:
  1. Perasaan;
  2. Pengenalan;
  3. Tanggung jawab;
  4. Perhatian;
  5. Saling menghormati
Fromm dalam buku yang ditulisnya (The Art of Loving) menjelaskan bahwa ke empat gejala: care, responsibility, respect, knowledge muncul semua secara seimbang dalam pribadi yang mencintai. Omong kosong atau Hoax jika seseorang mengatakan jika kamu bahagia dengannya akupun ikut bahagia. Sementara kamu betul-betul sangat mencintainya.

Posting Komentar untuk " Terminologi dan Etimologi Cinta "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel